Senin, 05 Januari 2015

analisa jurnal tentang prilaku konsumen dalam pengambilan keputusan suatu barang

ANALISIS JURNAL PERILAKU KONSUMEN
Jurnal Perilaku Konsumen
Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Sabun Mandi Lifeboy

PENDAHULUAN
Seiring dengan berubahnya pola hidup dan meningkatnya kebutuhan akan barang-barang konsumsi, maka produksi barang-barang konsumsi juga mengalami banyak kemajuan. Persoalan tersebut akhirnya mengakibatkan persaingan super ketat dari produsen, hal ini akan berpengaruh pada pola hidup masyarakat dengan semakin gencarnya informasi yang mereka terima dari suatu produk. Berbagai upaya promosi dilakukan untuk menarik minat konsumen agar mau membeli produk yang mereka hasilkan. Gencarnya promosi yang dilakukan dapat dilihat dari banyaknya iklan yang dipasang atau disiarkan oleh para pengguna jasa iklan pada berbagai media masa baik cetak maupun elektronik termasuk televisi. Iklan pada sebuah tayangan televisi merupakan salah satu bentuk promosi, berusaha memberikan informasi kepada konsumen tentang adanya produk tertentu. Keunggulan dan kualitas menjadi ciri suatu iklann untuk mempengaruhi konsumen agar memilihnya serta mendapatkannya. Dampak dari suatu iklan televisi tergantung bagaimana pesan disampaikan. Variabel-variabel dalam mempelajari iklan televisi digolongkan menjadi tiga, yaitu (Kotler, 1993:291) :
1. Suasana Suasana adalah latar belakang keadaan yang dapat menggambarkan suatu maksud tertentu di dalam suatu iklan.
2. Dialog Dialog adalah pesan iklan yang disampaikan dalam di dalam suatu media yang diharapkan dapat menarik konsumen untuk membeli produk tersebut.
3. Personal Personal adalah orang-orang yang dapat dipakai dalam menyampaikan pesan iklan. Produsen selalu berupaya mendesain pesan iklan sedemikian rupa agar menarik. Semakin menarik suatu iklan dan semakin dilihat, dibaca, dan didengar maka semakin akrab konsumen dengan produk-produk yang diiklankan, maka dapat diharapkan konsumen untuk memilihnya. Sesuatu yang asing tentunya kurang disukai oleh konsumen. Penelitian tentang iklan televisi yang sering digunakan produsen untuk memperlancar komunikasi dengan konsumennya dan masyarakat luas sangat menarik. Iklan sabun mandi lifebuoy versi membersihkan tanah longsor akan dijadikan fokus dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk :
1. Mengetahui pengaruh suasana terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian sabun mandi lifebuoy.
2. Mengetahui pengaruh dialog terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian sabun mandi lifebuoy.
3. Mengetahui pengaruh personal terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian sabun mandi lifebuoy.
4. Mengetahui pengaruh suasana, dialog, dan personal secara bersama-sama terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian sabun mandi lifebuoy.
Review jurnal pendahuluan perilaku konsumen
Seiring dengan berjalannya waktu pola hidup masyarakat sekarang berbeda dengan zaman dulu di mana dulu pola hdup masyarakat dulu kurang memetingkan kebersihan sehingga sangat gampang terserang penyakit. Sekaran di zaman yang modern ini kita sudah mengenal dengan sabun mandi zaman dulu untuk mandi saja orang-orang tidak menggunakan sabun yang bermerek sehingga terjaminya kesehatan kurang kini sabun mandi telah berinovasi dengan berbagai merek yang kualitas dan kesehatanya terjamin pilihan pun banyak ada yang anti kuman anti bau badan variasi warna dan harum nya juga banyak. Kini maraknya berbagai macam merek sabun menimbulkan sebuah persaingan atara merek sabun yang lain kita sebagai konsumen harus pandai memilih merek sabun dengan kualitas yang bagus, banyak sabun yang dijual tanpa memperdulikan kesehatannya untuk konsumen di jual dengan harga murah perbedaanya dengan yang mahal sangat jauh lebih kita sebagai harus konsumen jangan gampang terpengaruhi dengan merek sabun yang murah tapi tidak sehat Karena kesehatan kulit itu penting. Berbagai upaya promosi pun dilakukan di media iklan surat kabar yang ditawarkan juga bermacam-macam untuk menarik minat konsumen Keunggulan dan kualitas menjadi ciri suatu iklann untuk mempengaruhi konsumen agar memilihnya serta mendapatkannya. Dampak dari suatu iklan televisi tergantung bagaimana pesan disampaikan agar konsumen berminat untuk membelinya, tetapi sebagai konsumen jangan terlalu percaya dengan cara promosi yang ditawarkan terkadang promosi hanya membuat konsumen tertarik, namun dengan hasil sabun yang kurang memuaskan konsumen.
Keputusan pembelian.
Dalam tahap evaluasi, para konsumen membentuk preferensi atas merek-merek yang ada di dalam kumpulan pilihan. Faktor sikap orang lain dan situasi yang tidak dapat diantisipasi yang dapat mengubah niat pembelian termasuk faktor-faktor penghambat pembelian. Dalam melaksanakan niat pembelian, konsumen dapat membuat lima sub-keputusan pembelian, yaitu: keputusan merek, keputusan pemasok, keputusan kuantitas, keputusan waktu dan keputusan metode pembayaran.

Perilaku pasca pembelian.
Para pemasar harus memantau kepuasan pasca pembelian, tindakan pasca pembelian dan pemakaian produk pasca pembelian, yang tujuan utamanya adalah agar konsumen melakukan pembelian ulang.

Sumber google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar